Cerita tentang Bengkulu

Bengkulu

Peta Bengkulu

Peta Bengkulu

 

Berawal dari kecintaan terhadap kota kelahiran saya bengkulu yang memang dinyatakan lewat akte kelahiran bahwa benar saya seorang bengkoelen

Terus apa yang sangat mendorong saya untuk membahas provinsi ini, ya jujur saja saya cukup miris karena kesulitan mencari info tentang bengkulu sendiri kalaupun ada www.bengkuluprov.go.id itu pun under contruction (terakhir lihat 18-03-2010) di cek lagi ditanggal 24 oktober 2010 dan masih under-underan .

Jarang di lewatin, ya mungkin itu juga yang menyebabkan bengkulu kurang dikenal maaf aja saya tanya ke seluruh orang bengkulu yang pernah ke luar bengkulu ataupun ke pulau jawa dan ada yang bertanya, “asalnya darimana; dari bengkulu; oh yang daerah kalimantan itu yah” sudah tidak heran lagi bukan.

ya pulau sumatra memilku beberapa jalur jalan untuk ditelusuri yang pertama jalur barat, timur dan tengah:

jalur tengah= lampung-palembang-jambi-riau-sumbar-sumut-aceh

jalur timur= lampung-palembang-riau-sumbar-sumut-aceh

jalur barat= lampung-bengkulu-sumbar-sumut-aceh

nah dari hal tersebut bisa di tarik kesimpulan bahwa bengkulu hanya dilewati kalau ada yang mau ke sumbar, ya begitulah

Kota dan Kabupaten

Provinsi ke 26 di Indonesia ini sekarang telah berkembang banyak sejak dinyatakannyas sebagai provinsi setalah memisahkan diri dari sumatra selatan sekarang telah memiliki 1 kota dan 9 kabupaten, berikut daftarnya nama kota/kabu dan ibukotanya:

 

Kabupaten Bengkulu Selatan Kota Manna

2 Kabupaten Bengkulu Tengah          Karang Tinggi

3 Kabupaten Bengkulu Utara Arga Makmur

4 Kabupaten Kaur Bintuhan –             Kaur Selatan

5 Kabupaten Kepahiang                        Kepahiang

6 Kabupaten Lebong                            Muara Aman

7 Kabupaten Mukomuko                     Mukomuko

8 Kabupaten Rejang Lebong               Curup

9 Kabupaten Seluma                              Tais

10 Kota Bengkulu

Letak Geografis
http://bengkulu-online.com/ berikut laporannya

Ditinjau dari keadaan geografisnya, Propinsi Bengkulu terletak di antara 2 derajat 17 menit-3 derajat 31 menit Lintang Selatan dan 101 derajat 01 menit-103 derajat 41 menit Bujur Timur. Propinsi Bengkulu di sebelah Utara berbatasan dengan Propinsi Sumatra Barat, di sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia dan Propinsi Lampung, di sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Indonesia dan di sebelah Timur berbatasan dengan Propinsi Jambi dan Propinsi Sumatera Selatan.

Propinsi Bengkulu yang berada di sebelah Barat pegunungan Bukit Barisan, luas wilayahnya mencapai lebih kurang 1.978.870 hektar atau 19.788,7 kilometer persegi. Wilayah administrasi Propinsi Bengkulu memanjang dari perbatasan dengan Propinsi Sumatra Barat sampai ke perbatasan dengan Propinsi Lampung yang jaraknya lebih kurang 567 kilometer.

Propinsi Bengkulu berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia pada garis pantai sepanjang lebih kurang 433 kolimeter. Bagian Timurnya berbukit-bukit dengan dataran tinggi yang subur, sedangkan bagian Barat merupakan dataran rendah yang relatif sempit, memanjang dari Utara ke Selatan serta diselang-selingi daerah yang bergelombang.

Asal Muasal Kata Bengkulu

Pelajaran kesenian daerah waktu smp menjelaskan bahwa bengkulu berasal dari cerita tentang Putri gading cempaka kira-kira begini ceritanya Nama Bengkulu diambil dari kisah perang melawan orang Aceh yang datang hendak melamar Putri Gading  Cempaka, yaitu Soak Ratu Agung Raja Sungai Serut Akan tetapi lamaran tersebut ditolak sehingga menimbulkan perang. Suku Soak Dalam, adalah saudara kandung Putri Gading Cempaka yang menggantikan Raja Sungai Serut, saat terjadi peperangan berteriak “Empang ka Hulu-Empang ka hulu”: yang artinya hadang mereka (orang Aceh) jangan biarkan mereka menginjakkkan kakinya ditanah kita . Dari kata tersebut lahirlah kata Bangkahulu atau Bengkulu, bangsa Inggris menyebutkannya dengan Bencoolen.

Demikian singkatnya tentang bengkulu di kesempatan lain kita akan menjelaskan tentang keindahan alam bengkulu yang luar biasa.

Lovi Triono

 

 

Makanan sehari-hari

::::Makanan sehari-hari:::

Resep memasak mie goreng

(murah tapi ala resto)

Kehidupan anak kost memang tidak jauh dari keprihatinan itu kata banyak anak kost yang sama temui tidak terkecuali saya sendiri, mau bukti pernah dengar slogan “gak perlu enak yang penting banyak” kira-kira hal yang terlintas dari kata-kata tersebut apa?? Di beri beberapa pilihan nih

  1. Makanan sehari-hari
  2. Pangan sehari-hari
  3. Kuliner sehari-hari

Heu heu gak usah pusing dipilih jawabannya (jangan-jangan ada yang mikir lagi),, yach benar hal tersebut menyangkut bahan bakar kita sebagai manusia trus apa hubungannya dengan anak kost bukankah “anak kost juga manusia”,, emang sih anak kost juga manusia tapi bukan manusia biasa dalam hal ini, alasanya sederhana yaitu bisa dilihat dari variasi makanan yang berkeliaran di dalam rongga the kost setiap harinya tidak jauh dari hal…(mungkin untuk lebih real kita tayangkan saja beberapa menu yang luar biasa itu plus dengan kisaran harganya)…

  1. Nasi +telur (berbagai macam telur bisa telur mata sapi, bisa telur dadar, bisa telur bulat, baik itu yang di goreng, dioseng, di rebus ataupun di kukus lengkap semua ada) + sedikit sayur (sayur pun memiliki banyak variasi bisa sayur bayam, sayur kacang, sayur kacang panjang walaupun sudah di potong jadi pendek tetap saja kacang panjag, dll lah ) harga kisaran 4 ribu atawa 4,5 ribu
  2. Dua dengan menu yang sama tapi telur dig anti dengan ikan tongkol (lha lah bukannya ikan tongkol itu sea food ) ya sea food emang tapi liat dulu gedenya…..

Gambar

Udah ah membahas tentang anak kost berikut dengan bahan bakarnya lama-kelamaan gak nyambung sama judul,

Benar-benar-benar ada hal lain yang terlupakan yaitu makanan favorit lainyan yaitu mie instan……………….

Nah ini di berikan info cara masak mie didekasikan untuk teman-teman satu nasib dan satu rasa di ujung, pusat atau pun di pinggir belahan dunia manapun:

  1. Mie instan (merk apa saja yang penting gak kadaluarsa)
  2. Telur
  3. Minyak sayur
  4. Kompor dengan apinya
  5. Kuali atau ketel

Cara memasak :

Hidupkan kompor, masukan air ke dalam ketel, panaskan hingga air mendidih, masukkan mie tunggu sampai mengembang, setelah mie mengembang tiriskan mie dan buang air sisanya, langkah selanjutnya panaskan minyak sayur hingga berbunyi cissssssss kemudian pecahkan telur masukkan ke dalam minyak panas tunggu hingga setengah matag, lanjut setelah setengah matang aduk telur hingga rusak (heu heu rusak ya begitulah pokoknya), terus masukkan mie yang telah direbus tadi beserta bumbunya aduk terus sampai beraroma ( soal aromanya bisa bermacam-macam pokoknya aroma yang mantaplah…., kemudian mie ala resto siap di hidangkan…..

Makan mie segera lebih enak dimakan sedang panas-panas bukan karena apa-apa kalau gak segera dimakan keburu teman kamar sebelah tau dan jatah akan berkurang… hihihi

Dedicate to anak kost di seluruh penjuru dunia

Mahasiswa dan Enterpreneur

Hari  ini kuliah umum dilaksanakan di prodi tempat kuliah, temanya sangant menarik menurut saya v“IT Enterprenership” ya benar ini kuliah yang sangat saya tunggu-tunggu karena terus terang saja kata enterprenership sangatlah booming akhir-akhir katanya dengan menjadi enterprener kita bisa jadi bos yang menyediakan banyak lapangan pekerjaan,

Hal ini di dukung juga dengan kata sambutan ka.prodi yang menampilkan data yang sangat menarik menurut saya, begini kira-kira potongan katanya “dari banyak lulusan mahasiswa ilmu komputer maupun pendidikan ilmu komputer masih banyak yang berpikir untuk menjadi karyawan atau pns, tercatat ada sekitar 88% lulusan ilmu komputer bekerja sebagai karyawan ataupun pns”,perlu direnungi memang benar kalau semua mau jadi karyawan ataupun pns otomatis semua lulusan s1 adalah pencari kerja bukan pencipta lapangan kerja jangan heran kalau nanti pengangguran akan bertambah seperti piramida:

Artinya apa bahwa pengangguran akan banyak di level lulusan S1 mengingat banyaknya lulusan S1 yang berlomba-lomba memperebutkan lapangan kerja yang relative hanya membutuhkan sdm tidak sebanyak jumlah lulusan tiap tahunya, belum lagi karena gengsi, contohnya kalau lulusan SD, SMP, SMA bukan hal yang tabu apabila pekerjaan mereka merupakan pekerjaan yang masih menggunakan tenaga otot, kalau lulusan S1 ya bisa dikatakan gengsi apabila bekerja pada pekerjaan yang dilakoni lazimnya oleh lulusan dibawah S1 seperti salah satu iklan ditelevisi dengan jingle “ MAU KEMANA SARJANA OJEK” nah kawan-kawan saya hanya ingin berbagi mumpung kita masih sebagai mahasiswa ada baiknya dari sekarang kita harus siap menjadi kalau kata salah seorang sahabat saya yang terjun ke dunia politik kampus yaitu “ Agent Of Change” artinya kita harus bisa menjadi perubah “ubah dengan upgrade diri, ubah dengan ciptakan lapangan kerja, ubah dunia karena kita adalah agen perubah”

 

Kehidupan Mahasiswa

Sembari menunggu tulisan yang dan kebetulan masih baru dibuat ni blog jadi post aja dulu beberapa kata agar tidak terlalu nampak kosong, nah tapi apa hubungannya dengan kehidupan mahasiswa::

gak tau juga kenapa sampai buat judul ini tapi yang pasti kehidupan mahasiswa saatnya untuk berbuat salah dan dengan polosnya kalau berbuat salah tinggal bilang ” wajarlah kan masih mahasiswa”